AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

4 Jenis Umpan Buatan atau Lure

Jenis Umpan Buatan atau Lure

Lure merupakan umpan tiruan yang sangat menyerupai sekali dengan umpan aslinya. Bentuk bentuknya pun sangat beragam sekali, seperti berbentuk hewan-hewan kecil, serangga, katak, ikan-ikan kecil dan masih banyak lagi jenis-jenis umpan buatan lainnya. Selain itu, Lure juga mempunyai warna yang beragam juga. Untuk warna lure terbagi menjadi 2 pola, yaitu natural color yang mirip dengan warna umpan atau lure aslinnya. Yang kedua, lure dengan warna-warna yang mencolok, penggunaan warna yang mencolok akan lebih menggoda ikan target.

Untuk warna lure yang mencolok terdiri dari warna hijau kekiningan, orange, kuning, merah dan sebagainya. Sedangkan untuk lure dengan warna natural, terdiri dari warna hitam, biru, coklat, hijau dan warna-warna lure lainnya. Penggunaan warna lure natural ini dimaksudkan untuk menggugah nafsu makan ikan ketika melihat umpan. Sedangkan untuk warna lure yang mencolok akan menggoda dan timbul rasa penasaran ikan dengan warna-warna lure yang terang. Kalo menurut saya, warna lure yang mencolok lebih efektif bila dibandingkan warna yang natural sebagai umpan buatan.

Berikut, Jenis-Jenis Umpan Buatan atau Lure :

Diantara sekian banyak umpan buatan atau lure, mungkin ada beberapa umpan buatan atau lure yang paling banyak digunakan oleh pemancing saja yang bisa saya tulis disini, diantaranya yaitu:

1. Lure Minnow


jenis umpan buatan atau lure,
Lure Minnow merupakan jenis umpan tiruan yang menyerupai ikan kecil yang bisa bergerak-gerak secara alami seperti ikan mangsa aslinya. Kebanyakan lure minnow bentuknya menyerupai ikan mangsa aslinya dengan warna yang natural. Lure jenis ini bisa digunakan di perairan tawar dan air asin, sedangkan paling efektif lure ini khusus untuk memancing target ikan-ikan yang rakus dan lapar.

Lure minnow ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu floating type atau lure yang digunakan untuk bermain dipermukaan. Dan yang kedua sinking type atau lure yang cepat sekali tenggelam, sehingga cocok untuk target ikan di dasar permukaan air.

jenis umpan buatan atau lure,

Cara Penggunaan Lure Minnow :
Ikan ikan kecil punya kebiasaan bermain disekitar karang ketika air pasang. Dan ikan-ikan besar akan mendatangi spot ini untuk mencari mangsa, jika spot agak dangkal teknik dengan lure minnow ini bisa pemancing praktekkan.

Baca : Cara Mancing Ikan Black Bass.

2. Lure Top Water


jenis umpan buatan atau lure,
Lure top water yang satu ini menpunyai corak yang menggoda dan menarik, dengan warna-warna lure yang menggoda. Lure top water ini berlari seperti ikan kecil yang sedang ketakutan. Lure top water jenis ini sangat cocok untuk dipakai memancing disekitar permukaan air.

jenis umpan buatan atau lure,

Cara Menggunakan Lure Top Water :
Lemparkan lure top water jauh ke spot yang kalian tuju, lure ini seperti ikan-ikan kecil yang lari menjauh seakan-akan sedang dikejar-kejar ikan predator. Mainkan road dengan hati-hati dan buatlah cipratan-cipratan yang akan menggoda ikan predator untuk menyambar umpan buatan tersebut.

Baca : Cara membuat Jump Frog.

3. Lure Vibration


jenis umpan buatan atau lure,
Yang berbeda dari lure yang satu ini adalah, Lure Vibration ini bisa menghasilkan getaran dan bergoyang-goyang seperti ikan alami yang berfungsi untuk menarik perhatian ikan predator.

jenis umpan buatan atau lure,

Cara Penggunaan Lure Vibration :
Lure vibration sangat disarankan untuk digunakan di spot perairan dalam, karena gerakannya yang sangat menggoda ikan target. Penggunaannya pun sangat mudah, hanya menggulung reel secara perlahan lure pun akan bergoyang-goyang dengan sendirinya.

Baca : Umpan Buatan Ikan Gabus.

4. Lure Metal Jig


jenis umpan buatan atau lure,
Kelebihan dari lure yang satu ini yaitu, lur ini terbuat dari bahan timah yang mengkilat dan bisa tenggelam sambil bergoyang-goyang. Sama seperti lure vibration, lure metal jig juga paling cocok dipergunakan untuk memancing di perairan dalam. Namun lur metal jig ini bisa juga digunakan diperairan sedang, tapi tergantung arus air. Bisa juga untuk teknik Jiging dari pinggir pantai.

jenis umpan buatan atau lure,

Cara Menggunakan Lure Metal Jig :
Meskipun lure metal jig ini bentuknya sangat kecil, namun bisa dilempar jauh hingga ke tengah laut. Serta bisa dengan cepat menyelam kedasar laut, karena bahannya yang berat. Cara menggunakannya cukup dengan menggerakan rod keatas dan kebawah agar metal jig dapat bergerak-gerak.

Baca Juga : Cara membuat Umpan Buatan.

Itulah beberapa jenis umpan buatan atau lure dan cara menggunakannya dari masing-masing jenis lure yang bisa saya informasikan untuk Anda. Semoga artikel Jenis Umpan Buatan atau Lure ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan Salam Mancing Mania..... Mantap (y).
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment