AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

6 Teknik Umpan Casting Ikan Gabus Dengan Umpan Tiruan/ Lure Paling Ampuh

Umpan Casting Ikan Gabus

Ikan gabus memang menjadi salah satu jenis ikan yang mempunyai daya tarik tersendiri buat para pemancing. Karena sensasi strike'nya yang sangat mantap sangat mengoda para pemancing untuk merasakan keberuntungan untuk merasakan strikenya. Meskipun banyak sekali teknik yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus ini, namun teknik yang paling sering digunakan yaitu salah satunya teknik casting ikan gabus.

Teknik casting ikan gabus termasuk teknik yang cukup ampuh untuk memdaratkan ikan gabus. Namun perlu Anda perhatikan, keberhasilan teknik casting ikan gabus ini sangat dipengaruhi oleh kebiasaan atau skill kalian dalam melempar casting. Selain itu pemilihan spot yang tepat juga harus kalian kuasai. Pemilihan spot yang tepat sangat ini sngat penting, tujuannya yaitu agar tingkat keberhasilan kita mendapatkan ikan gabus sangat tinggi.

teknik casting ikan gabus dengan umpan tiruan, umpan casting ikan gabus,

Sebelum membahas cara atau teknik casting, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dulu jenis umpan buatan atau lure untuk casting ikan gabus. Meski sangat banyak sekali jenis umpan tiruan atau lures yang bisa digunakan untuk mancing ikan gabus, namun Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis Umpan Tiruan untuk Mancing Ikan Gabus

Berikut ini beberapa jenis-jenis umpan tiruan atau umpan buatan atau lure untuk mancing ikan gabus yang terbukti paling ampuh.

1. Soft Frog

umpan tiruan untuk mancing ikan gabus, umpan casting ikan gabus,

Umpan tiruan jenis ini sangat cocok untuk memancing ikan predator seperti ikan gabus. Soft frog dibuat dengan sangat mirip sekali menyerupai bentuk kodok aslinya. Sehingga bakal mengecoh ikan gabus untuk segera menyambarnya.

Soft frog terbuat dari bahan karet atau sintetis, sehingga tekturnya akan kenyal dan halus seperti kodok aslinya. Pada soft frog biasanya dipasang kail besar 2 hingga 3 kail sekaligus.

Umpan tiruan untuk mancing ikan gabus ini termasuk ampuh, dan saya sangat merekomendasikan pemakaian umpan ini. Soft frog juga banyak dijual di toko-toko pancing. Jenis dan bentuknya juga bermacam-macam, untuk ukuran dan bentuknya silakan sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya Bro.

Baca : Jenis Umpan Buatan atau Lure.

2. Viva Mazzy Frog

lure, umpan tiruan untuk mancing ikan gabus, umpan casting ikan gabus,

Viva mazzy frog merupakan umpan tiruan yang cukup ampuh juga untuk mancing ikan gabus. Bentuk dari umpan tiruan ini sangat mirip menyerupai kodok, sama seperti soft frog, namun bedanya viva mazzy frog terdapat tali-tali pada bagian mulut atau ujung lure.

Sedangkan kail pada viva mazzy frog ini hanya ada satu saja pada bagian tengan lure, sehingga lebih mudah menancap saat disambar ikan gabus. Umpan jenis ini juga sudah banyak sekali dijual ditoko-toko pancing sekitar rumah Anda.

Baca : Cara Membuat Umpan Tiruan.

3. Mouse Frog Soft Lure

umpan tiruan untuk mancing ikan gabus, umpan casting ikan gabus,

Dari namanya saja sudah jelas, dan bentuknya memang menyerupai tikus, namun ukurannya sangat mungil, sehingga sangat efektif untuk memancing ikan gabus. Meskipun bentuknya mirip tikus, tapi jangan salah, umpan tiruan jenis ini juga sangat ampuh untuk mancing ikan gabus.

Seperti yang kita ketahui, ikan gabus tidak akan memilih-milih apapun yang ada dihadapannya. Tidak terkecuali lure berbentuk tikus ini, ikam gabus akan menyambar apapun yang mengganggu wilayahnya.

Baca : Cara Membuat Lure.

Berikut ini, Teknik Casting Ikan Gabus dengan Umpan Buatan/ Lure :


1. Siapkan piranti atau peralatan pancing seperti reel, joran, senar atau benang serta lure atau umpan buatan. Untuk jenis umpan buatan, kalian bisa memilih antara soft frog, viva mazzy frog atau mouse frog soft lure sesuai dengan kebutuhan. Namun Saya merekomendasikan menggunakan soft frog. Bentuknya yang mirip kodok serta bahan dasar yang kenyal dan lembut akan sangat mengoda ikan gabus untuk melahapnya.

2. Setelah semua piranti siap, maka saatnya beraksi Bro... Lemparkan umpan tiruan atau lure melewati spot yang kalian perkirakan ada ikan gabus nya. Setelah umpan melewati sasaran, baru kita tarik dan gulung senar dengan kecepatan sedang.

3. Usahakan umpan tetap bergerak dipermukaan air. Seolah-olah seperti hewan kecil yang sedang berenang ketakutan.

Baca Juga : Cara Memilih Tempat Ikan Gabus.

4. Jika lemparan pertama belum disambar. Ulangi teknik ini sampai umpan disambar oleh ikan gabus.  Biasanya 2 atau 3 kali lemparan pemancing sudah bosan dan menyerah menganggap tidak ada ikan gabus disana. Padahal terkadang ikan gabus baru menyambar setelah 10 sampai 15 lemparan.

5. Meskipun ikan gabus sudah melihat umpan terkadang dia tidak akan langsung menyambar, karena posisinya yang tidak pas. Ikan gabus hanya akan bergerak sedikit demi sedikit dan akan menyambar umpan sampai posisinya sudah dekat dan pas.

6. Sebagai tambahan. Biasanya ikan gabus bersembunyi dibawah tumbuhan air, seperti enceng gondok atau tumbuhan air lainnya. Jadi lempar umpan di sekitaran tumbuhan air berada.

Demikianlah tips Teknik Casting Ikan Gabus dengan Umpan Tiruan / Lure untuk memancing ikan gabus dengan teknik casting menggunakan umpan tiruan atau lure. Semoga informasi mengenai teknik casting ikan gabus ini bisa menambah pengetahuan kalian. Semoga Anda Berhasil dan Salam Mancing Mania.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment