AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

6 Umpan Mancing Ikan Mujair Paling Galak Di Sungai

Umpan Mancing Ikan Mujair

Ikan Mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di rawa, sungai, danau dan juga di muara. Namun tidak jarang juga ikan mujair ini banyak ditemukan di tambak-tambak sekitar pantai. Karena di indonesia, habitat dari ikan mujair ini sangat menyebar hampir diseluruh daerah. Namun sebenarnya ikan mujair bukanlah ikan asli Indonesia, tetapi jenis ikan yang berasal dari benua Afrika. Ikan Mujair ditemukan pertama kali di Indonesia oleh bapak mujair. Sehingga karena alasan itulah ikan tersebut diberi nama ikan mujair.

Bentuk ikan mujair ini sangat mirip dengan ikan betok, bedanya ikan mujair mempunyai corak abu-abu kehitaman. Dengan duri yang ada dipunggung yang berfungsi sebagai pertahanan diri. Ikan mujair dewasa hanya akan tumbuh hingga 35 cm. Ikan mujair ini mempunyai pertumbuhan yang relatif sangat cepat. Ikan mujair akan mulai berkembang biak pada umur 3 bulan dan akan berkembang biak kembali 1,1/2 bulan setelahnya.

umpan mancing ikan mujair di sungai,

Setiap bertelur induk ikan mujair betina akan bertelur dan mengerami hingga puluhan telur dalam mulutnya. Maka dari itu tidak aneh lagi bila populasi ikan mujair ini jika berada dalam suatu kolam akan bisa meningkat sangat pesat pada bulan ketiga saja. Ditambah lagi ikan mujair termasuk jenis ikan yang mudah beradaptasi. Ok, kembali lagi ke topik utama tentang materi umpan memancing ikan mujair. Kali inisaya akan membagikan tips memancing ikan mujair di rawa, waduk maupun di bendungan.

Tips Mancing Ikan Mujair di Sungai

Sebelum membuat umpan mancing ikan mujair paling galak sebagai umpan memancing ikan mujair di sungai, sebaiknya Anda persiapkan dahulu piranti pendukung yang dibutuhkan untuk alat memancingnya, seperti :

1. Joran

Untuk memancing ikan mujair sebaiknya menggunakan joran tegek saja. Tidak perlu reel dan joran lipat, penggunaan reel malah akan merepotkan kalian. Joran tegek disini bisa kalian sesuaikan panjangnya dengan spot yang kalian tuju. Semakin sulit dan luas spot memancing, berarti kalian juga memerlukan joran yang lebih panjang. Namun saran saya, sebaiknya cukup gunakan joran ukuran 3 sampai 5 meter. Pilih joran yang tingkat kelenturan dan kekuatannya yang bagus, agar tidak terjadi gagal strike atau putus joran saat strike ikan mujair babon.

2. Senar atau Kenur

Dalam pemilihan senar juga tidak kalah penting. Fungsinya sebagai penahan beban saat terjadi strike mengharuskan senar punya kekuatan yang cukup agar tidak putus.  Tapi perlu di ingat, jangan menggunakan senar yang terlalu tebal. Karena meskipun senarnya tebal bukan berarti punya tingkat kekuatan yang lebih, namun malah bisa menyulitkan kalian, karena senar terlalu kaku. Untuk pengunaan senar kalian bisa menggunakan ukuran 0.50 mm/40 lbs dengan kekuatan 2 kg.

Baca : Cara Merawat Senar Pancing agar Tidak Kusut.

3. Pelampung

Pelampung merupakan piranti yang berfungsi sebagai indikator apabila umpan dimakan ikan. Sebelum memilih pelampung, kalian harus tahu terlebih dahulu sifat ikan target yang akan di pancing. Karena jika kita salah dalam penggunaan pelampung, maka akan sangat mempengaruhi hasil pancingan kalian. Misalnya ikan muajir atau nila, cara makan ikan ini tergolong pelan dan hati-hati. Ikan muajir atau nila tidak akan menyambar umapan, namun hanya memakan dan menariknya sangat pelan.

Jadi pelampung yang tepat untuk ikan nila ialah pelampung yang mempunyai tingkat sensifitas tinggi. Pelampung tersebut biasanya ringan dan berbentuk memanjang. Untuk pemasangan pelampung saya rasa kalian semua juga sudah tahu bukan. Pasang pelampung di atas kail dan pemberat dengan jarak kira-kira 50 cm, atau bisa menyesuaikan kedalaman kolam, danau atau rawa.

4. Kail

Kail merupakan piranti yang bersentuhan langsung dengan ikan target yang akan di pancing. Pemilihan kail juga harus tepat atau jangan sampai salah pilih. Untuk ukuran yang pas untuk memancing ikan mujair atau nila bisa memakai ukuran 3, 4 atau 5. Saya rasa ukuran tersebut cukup untuk memancing ikan mujair anakan sampai ikan mujair babon.

Baca : Cara Mancing Ikan Nila Babon dengan Umpan Rumput.

5. Umpan

Inilah bagian terpenting saat akan memancing ikan, yaitu umpan. Umpan merupakan kunci kesuksesan kita saat memancing, salah memilih umpan tentunya akan fatal akibatnya alias ZONK. Sebenarnya banyak sekali umpan yang bisa kalian pakai untuk mancing ikan mujair seperti ,cacing, udang, laron, ulat serta lumut. Ok, langsung kita bahas satu persatu berbagai umpan tersebut ya?

a. Cacing
Umpan yang satu ini juga termasuk umpan yang paling ampuh untuk memancing ikan nila atau ikan mujair. Jenis cacing yang bagus yaitu cacing kristal,  cacing susu,  cacing kalung dan cacing merah. Dari beberapa jenis cacing, hanya cacing merahlah yang paling jitu untuk memancing ikan mujair. Pilih cacing ukuran kecil sampai sedang. Satu ekor cacing bisa digunakan untuk satu atau dua mata kail, tergantung ukuran cacing tersebut.

b. Udang
Ikan mujair juga sangat menyukai udang, terutama udang-udang kecil. Buang kepala dan kulit udang, lalu ambil dagingnya saja, lalu kaitkan ke kail. Saran saya, jangan lupa pakai udang yang masih segar atau masih hidup.

c. Laron
Hampir semua jenis ikan air tawar terutama di rawa dan sungai menyukai laron, tidak terkecuali ikan mujair. Laron memang terkenal sebagai umpan paling jitu buat memancing ikan mujair. Namun karena laron ini jarang di temukan, hanya pada musim-musim tertentu saja laron akan muncul, seperti musim penghujan.

d. Ulat
Ulat disini bukanlah ulat daun ataupun ulat kayu yang besar. Ulat yang bisa kalian pakai ini seperti ulat beras atau ulat buah yang bentuknya cenderung lebih kecil. Cara pakainya cukup kaitkan satu ulat untuk satu mata kail.

e. Lumut
Inilah umpan yang menurut saya paling jitu diantara umpan yang lain. Di alam liar ikan mujair biasa mencari lumut sebagai bahan utama makanannya.

Baca Juga : Umpan Mancing Ikan Gurame yang Ampuh.

f. Sebagai Tambahan Umpan Racikan

Bahan-bahan :
  • 1/4 kg tepung ketan rose brand.
  • 1/2 bks tepung jagung maizena.
  • 1 sendok makan vanili bubuk.
  • Lumut sawah secukupnya.

Cara meracik Umpan Mancing Ikan Mujair :

  1. Siapkan wadah, lalu masukan semua bahan menjadi satu kedalam wadah.
  2. Lalu aduk-aduk semua bahan hingga tercampur merata.
  3. Lalu kukus kurang lebih selama 5 menit.
  4. Saat mengkukus usahakan jangan terlalu lama, agar lumut tidak hancur.
  5. Umpan mancing ikan mujair sudah siap digunakan.
Demikianlah beberapa tips umpan mancing ikan mujair paling galak di sungai yang bisa Anda gunakan dari Blog Mancing Mania ini.. Saya rasa sudah cukup lengkap dan jelas cara membuat umpan dan perlengkapan yang digunakan untuk memancing ikan mujair di sungai. Semoga bisa menambah kesiapan Anda saat akan memancing ikan mujair nanti. Salam Mancing Mania.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment