AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

7 Cara Membuat Umpan Tiruan atau Lure Dengan Mudah

Umpan Tiruan

Saat Anda memancing, peranan dari umpan yang Kalian gunakan ini sangat penting. Umpan mancing ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu umpan hidup dan umpan buatan atau umpan tiruan atau lure. Menggunakan jenis umpan hidup memang mempunyai banyak kelebihan, karena umpan hidup bisa lebih menarik perhatian dari ikan yang akan kita pancing, karena umpan hidup memiliki gerakan alami. Namun umpan hidup juga bisa menjadi tidak efektif, karena hanya bisa dipakai sekali saja.

Maka penggunaan umpan tiruan inilah yang bisa menjadi solusi buat pemancing, karena umpan tiruan juga tergolong cukup jitu. Selain itu umpan tiruan bisa dipakai hingga berkali kali. Untuk spot di kolam atau sungai, ada banyak jenis ikan yang menjadi target khususnya ikan predator, seperti ikan hampala, ikan gabus, ikan bawal, ikan arwana dan lain sebagainya. Sedangkan dilaut hampir semua ikan merupakan predator.

cara membuat umpan tiruan,

Namun sayangnya untuk umpan tiruan ini harganya tergolong tidak murah, untuk itulah pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi cara membuat umpan tiruan atau lure. Pada umumnya, umpan tiruan terbuat dari kayu, plastik dan juga metal. Bentuknya pun beraneka macam, ada yang menyerupai ikan-ikan kecil, katak, serangga dan juga hewan-hewan kecil lainnya. Sebelum memulai membuat umpan tiruan, ada baiknya perhatikan dahulu jenis lure yang akan kalian buat, agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan kita, sehingga bisa menambah daya tarik ikan untuk memangsanya.

Bahan Untuk Membuat Umpan Tiruan :
Okeh Bro, kita langsung saja membuat umpan tiruan, berikut ini bahan-bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat umpan tiruan tersebut :
  1. Kayu ( bisa menggunakan kayu kayu sisa).
  2. Lem Perekat Epoxy.
  3. Kawat Stainless anti karat atau berbahan neklin (bisa juga menggunakan kawat penjepit kertas).
  4. Timah atau pemberat secukupnya.
  5. Pisau Cutter.
  6. Gergaji besi.
  7. Amplas halus.
  8. Pensil atau Spidol.
  9. Cat warna putih sebagai cat dasar.
  10. Cat (warna sesuai selera), lebih baik gunakan warna yang mencolok.
Baca : Cara Membuat Jump Frog.

Cara membuat Umpan Tiruan :


1. Langkah pertama, buatlah terlebih dahulu gambar atau model bentuk umpan tiruan pada permukaan kayu, bisa menggunakan spidol atau pensil. Gambar sesuai bentuk yang akan kalian buat ya? Misalnya bentuk ikan.

cara membuat umpan tiruan,

2. Lalu, potong bentuk tadi dengan gergaji. Kemudian bentuk potongan tersebut sesuai dengan desain tersebut dengan cutter. Potong sedikit demi sedikit, agar bentuknya rapi dan sesuai desain. Setelah berbentuk ikan, amplas permukaan kayu hingga halus, usahkan amplas samapai benar-benar halus, agar proses pengecatan nanti bisa sempurna.

cara membuat umpan tiruan,

3. Setelah berbentuk ikan, belahlah sampai tengah mulai dari badan hingga ekor. Karena belahan ini nantinya untuk meletakan kawat. Lalu, sayat bagian badan untuk tempat kawat dan pemberat.

cara membuat umpan tiruan,

Baca : Cara agar Senar Pancing Tidak Keriting.

4. Bentuklah kawat bekas penjepit kertas untuk lubang trebel dan trebel hooknya.

cara membuat umpan tiruan,

5. Setelah terbentuk, sisipkan kawat ke sayatan badan umpan buatan Anda tadi, jangan lupa taruh pemberat atau timah. Penambahan timah pemberat tujuannya agar saat umpan tiruan digunakan nanti bisa bergerak goyang-goyang seperti ikan aslinya. Kemudian lem dan satukan badan lure dengan lem expoxy, lalu amplas lagi bekasnya agar halus. Jangan lupa coba terlebih dahulu, kalau gerakan masih belum sesuai, tambahkan atau kurangi timah pemberat sampai gerakannya sesuai.

cara membuat umpan tiruan,

6. Setelah bentuk dan gerakan sesuai, langkah terakhir yaitu pengecatan. Namun untuk terlebih dahulu gunakan cat warna putih sebagai cat dasarnya. Kemudian gunakan cat sesuai selera untuk proses finishing. Disinilah keahlian pengecatan diuji, lakukan pengecatan semirip mungkin dengan warna ikan aslinya. Setelah pengecatan selesai, jangan lupa keringkan dengan cara menjemurnya dibawah terik matahari.

cara membuat umpan tiruan,

Baca Juga : Umpan Casting Ikan Gabus.

7. Mantap........ Umpan tiruan pun sudah jadi dan siap untuk digunakan.

cara membuat umpan tiruan,

Demikianlah tips, cara membuat umpan tiruan tau lure yang bisa Blog Mancing Mania bagikan untuk Anda. Semoga informasi tentang cara membuat umpan tiruan atau lure ini bisa bermanfaat untuk kalian. Semoga Berhasil dan Hasilnya bisa sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment