AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

3 Umpan Mancing Ikan Wader Paling Ampuh

Umpan Mancing Ikan Wader

Ikan Wader merupakan jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai kecil, persawahan, saluran irigasi maupun sungai besar. Dibeberapa daerah nama ikan wader mempunyai nama sebutan yang berbeda-beda. Misalnya orang betawi menyebutnya ikan cere, ikan paray sebutan ikan wader oleh orang Sunda, di sumatera disebut ikan pantau dan ikan seluang di kalimantan, sedangkan orang jawa menyebutnya ikan wader ijo, ikan gotor, ikan lunjar dan ikan tompok dua.

Untuk habitat asli yang disukai dari ikan wader ini, yaitu aliran air yang deras dengan kondisi air yang masih jernih, dan dengan babatuan disekitarnya. Karena ikan wader ini mencari makannya berupa hewan kecil yang hidup disekitar bebatuan. Ikan wader dewasa tumbuh hanya sekitar 4 sampai 5 jari saja, namun ikan wader ini tetap menjadi target para pemancing, karena tarikannya yang kuat. Meski ukurannya yang tergolong kecil, namun dengan bentuk tubuhnya yang memanjang dan merupakan perenang cepat, ikan wader akan membuat pemancing cukup kewalahan.

umpan mancing ikan wader paling ampuh,

Sebelum memancing ikan wader di alam sungai atau liar, kalian wajib mempersiapkan peralatannya yang dibutuhkannya terlebih dahulu, berupa umpan, serta teknik untuk mancing ikan wader sesuai spot atau lokasi mancing yang sudah Anda tentukan sebagai target memancing Anda.

Umpan Jitu Mancing Ikan Wader Di Sungai

Persiapan yang paling utama saat akan mancing tentu saja umpan. Kenapa?? Karena umpan yang jitu dan ampuh akan lebih menarik ikan untuk menyambarnya. Inilah beberapa umpan yang jitu untuk mancing ikan wader di sungai maupun danau.

1. Cacing Sawah.
2. Cacing Merah.
3. Rayap Karet.
4. Rayap Bambu.
5. Larva Buah Nangka.
6. Ulat Batu.
7. Cacing Kawat.
8. Laron.
9. Kecoa.

Selain umpan alami diatas kalian juga bisa menggunakan umpan racikan. Inilah beberapa umpan racikan yang juga ampuh untuk mancing ikan wader.

Umpan Mancing Ikan Wader Sederhana

Bahan-bahan umpan mancing ikan wader:
1. Mie Instant.
2. Sari Buah (essen rasa buah).

Cara membuat Umpan Mancing Ikan Wader :
1. Tumbuk mie instant sampai halus, lalu rebus mie instant sampai matang.
2. Setelah matang, tambahkan 3 tetes essen kedalam adonan, lalu aduk sampai tercampur merata.
3. Kemudian, bentuk bulat kecil-kecil, umpanpun siap digunakan.

Baca : Umpan Putih Ikan Mas.

Racikan Umpan Mnacing Ikan Wader Ampuh

Bahan-bahan umpan mancing ikan wader :
1. Jagung muda.
2. Mentega.
3. Perangsang Ikan.
4. Kinoy kristal.

Cara membuat Umpan Mancing Ikan Wader :
1. Parut jagung muda, lalu kukus sampai matang dan mengeras.
2. Lalu angkat dan tambahkan perangsang.
3. Bila adonan masih kurang keras, tambahkan kinoy kristal secukupnya.
4. Setelah tekstur adonan dirasa cukup keras, bentuk sesuai keinginan.
5. Umpan ini mampu bertahan hingga 4 jam.

Peralatan untuk mancing ikan wader.
Dalam memilih piranti tidak boleh di anggap remeh. Meskipun ikan wader tergolong ikan yang gampang dipancing namun sebaiknya gunakan piranti yang pas agar sensasi saat memancing lebih terasa. Untuk pemilihan joran kalian bisa menggunakan joran dengan panjang antara 120 - 150 cm dengan tingkat kelenturan yang tinggi. Namun apabila kalian menemukan spot yang sulit dijangkau kalian bisa gunakan joran lebih panjang.

Baca : Umpan Mancing Ikan Gurame.

Dalam memilih senar juga tidak kalah penting. Untuk sungai atau spot dengan arus deras dan kedalaman sekitar 1 meter disarankan menggunakan senar dengan ukuran 1.5 lbs - 2.5 lbs. Namun jika spot berupa rawa, kolam, atau danau dengan air yang tenang gunakan ukuran 0.5 lbs - 1 lbs.

Selain joran dan senar ada satu lagi piranti yang perlu perlakuan khusus yaitu pemilihan kail. Ukuran mulut ikan wader yang kecil harus disesuaikan dengan kail juga. Dalam menentukan ukuran kail sebaiknya gunakan kail no 0.1 sampai no 0.8.

Cara mancing Ikan Wader di Sungai, Rawa atau Danau.
Kebiasaan ikan wader ini sangat suka mencari makan di dasar sungai. Maka dari itu teknik paling jitu untuk mancing ikan wader yaitu teknik glosor, dimana umpan berada diujung dan dibawah pemberat serta tanpa menggunakan pelampung. Namun apabila spot dangkal dan kurang dari 1 meter sebaiknya gunakan pelampung. Tapi  tetap gunakan pelampung ukuran kecil, agar terlihat saat umpan disambar ikan wader.

Baca Juga : Cara membuat Umpan Tiruan.

Dalam menyambar umpan, ikan wader akan langsung dibawa dan di santap. Biarpun bentuk tubuhnya yang kecil, namun saat memakan umpan terlihat seperti ikan babon. Berbeda sekali dengan ikan mas dan ikan nila, yang saat menyantap umpan dengan pelan dan hati-hati.

Demikian tips dan umpan mancing ikan waderpaling ampuh yang biasa pemancing gunakan baik di sungai, danau maupun rawa yang bisa saya bagikan. Semoga informasi umpan mancing ikan wader paling ampuh ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Salam Mancing Mania.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment