AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

6 Umpan Buah Untuk Ikan Bawal Paling Ampuh

Umpan Buah Ikan Bawal

Jika ada pertanyaan tentang umpan apa yang jitu untuk mancing ikan bawal? Pasti sebagian orang akan menjawab cacing, anakan ikan, tempe yang dipotong berbentuk dadu, serangga, dan hewan-hewan kecil lainnya. Namun, tahukah anda, sebenarnya mancing ikan bawal dapat dilakukan menggunakan umpan berupa buah. Aneh kan Ya! Memang sih memancing ikan bawal dengan menggunakan umpan buah itu terkesan aneh, hal ini dikarenakan belum banyak orang yang tahu dengan umpan buah untuk ikan bawal yang satu ini.

Pada dasarnya ikan bawal merupakan jenis ikan omnivora, yaitu ikan pemakan segala makanan, termasuk buah. Buah yang dipakai misalnya buah melinjo, pisang, pepaya, jambu biji, kelapa muda, karsen dan masih banyak jenis buah lainnya. Pengalaman saya menggunakan umpan ikan bawal yang berupa buah ini sebenarnya dilakukan berawal dari obrolan warung kopi mulut ke mulut sesama pemancing. Nah, untuk mengetahui cara penggunaan umpan buah untuk ikan bawal ini, mari kita bahas satu persatu jenis buah, rasa, aroma dan manfaatnya.

Jenis Umpan Buah untuk Mancing Ikan Bawal

1. Buah Jambu

umpan buah untuk ikan bawal, umpan buah untuk ikan bawal paling ampuh,

Tak hanya kita saja yang suka dengan buah yang satu ini, ikan bawal pun menyukai buah yang satu ini. Karena disamping rasanya yang enak, serta baunya yang wangi tentunya akan sangat menggoda ikan bawal untuk menyambarnya. Kalian bisa menggunakan buah jambu yang matang untuk dijadikan umpan ikan bawal, biasanya warna buahnya berwarna kemerah merahan. Namun yang dipakai dari buah jambu untuk umpan ikan bawal ini hanya bagian daging buahnya saja.

2. Buah Melinjo

umpan buah untuk ikan bawal, umpan buah untuk ikan bawal paling ampuh,

Mungkin terkesan agak aneh sih, jika buah melinjo bisa dijadikan umpan ikan bawal yang jitu untuk memancing ikan bawal. Nah, untuk buah melinjo ini yang dipakai bukanlah buahnya, namun hanya kulit melinjonya saja. Saran saya, sebaiknya gunakan kulit buah melinjo yang sudah masak dan yang berwarna merah saja.

Baca : Cara Mancing ikan Nila dengan Umpan Rumput.

3. Buah Pisang

umpan buah untuk ikan bawal, umpan buah untuk ikan bawal paling ampuh,

Buah pisang juga tidak kalah ampuh jika untuk dijadikan umpan untuk memancing ikan bawal. Kalian bisa menggunakan semua jenis pisang sebagai umpan ikan bawal, asalkan buah pisang tersebut sudah masak. Bau dari buah pisang yang khas ini akan menarik ikan bawal untuk menyantapnya. Umpan berupa buah pisang ini bisa dipakai di kolam harian maupun kiloan.

Cara menggunakan buah pisang sebagai umpan ikan bawal ini tergolong mudah, Anda cukup memotong buah pisang seukuran mata kail saja, lalu kaitkan ptongan buah pisang tadi pada kail pancing.

Baca : Umpan Mancing Ikan Mas saat Hujan.

4. Buah Pepaya

umpan buah untuk ikan bawal, umpan buah untuk ikan bawal paling ampuh,

Seperti jenis buah lainnya, buah pepaya juga bisa digunakan untuk umpan memancing ikan bawal. Tidak hanya kita saja yang doyan dengan buah pepaya, ikan bawal pun sangat menyukai buah ini. Karena untuk rasa dari buah pepaya ini tidak perlu diragukan lagi, pastinya rasanya sangat enak dan manis.

Cara menggunakan buah pepaya ini sebagai umpan ikan bawal yaitu, potong-potong buah pepaya berbentuk dadu, lalu kaitkan ke kail. Namun sebaiknya bawa buah yang banyak, agar saat Anda lapar pada saat memancing, kalian bisa memakannya sendiri jika mau.. hehehee.

Baca : Racikan Umpan Ikan Mas Dari Tempe.

5. Buah Kelapa

umpan buah untuk ikan bawal, umpan buah untuk ikan bawal paling ampuh,

Meski hampir segal jenis buah bisa kalian pakai untuk umpan mancing ikan bawal, tidak terkecuali buah kelapa. Buah kelapa yang dipakai adalah kelapa muda yang di ambil hanya bagian daging buahnya saja. Daging buah kelapa muda ini mempunyai tekstur yang cukup ampuh, serta memiliki aroma bau yang mengoda untuk ikan bawal.

Cara pemakaiannya buah kelapa muda sebagai umpan ikan bawal ini juga sama dengan umpan ikan bawal dari buah pisang. Caranya yaitu, dengan cara memotong motong buah kelapa ini supaya menjadi berukuran kecil, lalu kaitkan ke kail.

Baca : Umpan Mancing Ikan Gurame Paling Ampuh.

6. Buah Seri/Karsen

umpan buah untuk ikan bawal, umpan buah untuk ikan bawal paling ampuh,

Untuk buah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi keampuhannya jika dijadikan sebagai umpan ikan bawal. Meski mungkin ditempat kalian nama buah ini berbeda-beda, ada yang menyebutnya buah seri, karsen atau talok, namun khasiatnya sudah terkenal jitu untuk memancing ikan bawal.

Cara menggunaka buah seri ini sebagai umpan ikan bawal cukup mudah, cukup kupas sedikit buah seri agar baunya keluar, lalu kaitkan buah kekail. Karena bau harum yang keluar dari buah seri ini akan mengundang ikan bawal untuk menyambar buah. Namun, pastikan juga untuk menggunakan buah seri hanya yang sudah masak atau berwarna kemerahan saja.

Baca Juga : Umpan Mancing Ikan Mujair.

Meski sebenarnya masih banyak lagi jenis buah yang bisa kalian pakai sebagai umpan ikan bawal. Namun Saya juga tidak bisa menyebutkannya satu persatu disini. Perlu diketahui, selain buah-buahan ikan bawal juga menyukai umpan berupa sayur-sayuran. Sayuran yang bisa dipakai untuk umpan ikan bawal ini jenisnya seperti kol, wortel, selada dan lain-lain. Umpan berupa buah-buahan dan sayuran paling jitu digunakan pada jam 05:00 - 10:00 pagi.

Semoga informasi dari Blog Mancing Mania tentang Tips umpan buah untuk ikan bawal ini bisa berguna untuk Anda sekalian semua. Sehingga Anda bisa memperaktekan umpan buah untuk ikan bawal paling ampuh ini di kolam pemancingan, agar Anda menjadi Juara pemancing ikan Bawal. Salam Mancing Mania.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment