AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

3 Tips Cara Mancing dan Umpan Mancing Ikan Black Bass/ Kakap Hitam

Cara Mancing Ikan Black Bass

Ikan Black Bass atau ikan kakap hitam dan sebagian masyarakat indonesia menyebutnya Ikan Bale Raja (bahasa bugis) serta Ikan Tembiring di berberapa daerah lainnya. Ikan black bass termasuk jenis ikan yang sangat di incar oleh para pemancing, karena sensasi fight dari ikan black bass ini sangat mantap. Namun ikan black bass ini sangat sulit di dapat, baik itu karena spot lokasinya, maupun dari teknik memancingnya.

Ikan kakap hitam termasuk kedalam jenis ikan manggrove jack. Karena habitat asli ikan kakap hitam ini memang di hutan manggrove, namun meskipun disuatu daerah terdapat hutan manggrove yang luas tapi belum tentu ada ikan black bass didalamnya, terutama saat cuaca ekstrim. Ikan black bass juga sulit ditemui pada daerah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, karena ikan black bass ini sangat sensitif terhadap perubahan cuaca di habitatnya.

cara mancing ikan black bass,
Chintya Tengens Kastanya ( @chintyatengens )

Ikan black bass termasuk kedalam salah satu jenis ikan yang sangat lambat dalam hal berkembang biaknya. Ikan black bass ini hanya berkembang sekitar satu kilogram saja selama setahun. Terlebih lagi banyak sekali permintaan di pasar akan ikan black bass ini. Selain itu para petani juga belum banyak yang mengembangbiakan ikan black bass ini.

Hal itulah yang menyebabkan ikan black bass atau ikan kakap hitam ini semakin menjadi langka. Untuk itu saya sangat menyarankan kepada semua pemancing, agar nanti ketika mendapatkan ikan black bass yang ukurannya masih kecil sebaiknya di release kembali, agar populasi ikan black bass ini akan tetap terjaga di habitat aslinya.

Tips Saat Memancing Ikan Black Bass

1. Untuk memancing ikan black bass, ada beberapa teknik yang bisa di aplikasikan. Sebelum memancing kalian terlebih dahulu harus merencanakan teknik yang akan digunakan. Beberapa teknik memancing ikan black bass tersebut yaitu merawai, ngoncer dan slow trolling. Dari ketiga teknik teknik tersebut teknik slow trolling yang saya anggap paling efektif.

2. Ikan black bass merupakan jenis ikan predator yang hanya menunggu mangsa, bukan mencari mangsa (sama seperti ikan kerapu).

3. Umpan paling jitu untuk memancing ikan black bass adalah anakan ikan atau udang putih besar. Selain itu kalian juga bisa mengggunakan umpan tiruan atau lures.

Baca : Cara Pasang Umpan Udang.

umpan mancing ikan black bass,

Waktu Yang Tepat untuk Memancing Ikan Black Bass

Memang benar habitat asli dari ikan black bass ini berada di daerah hutan bakau atau manggrove maupun perairan air payau. Namun masalahnya, belum tentu disemua daerah tersebut terdapat ikan black bass. Yang perlu kalian perhatikan saat akan mancing ikan black bass ini, yaitu :

1. Anak sungai atau sungai yang jarang dipancing (biasanya terdapat didalam hutan).

2. Pilih daerah yang curah hujannya relatif normal.

3. Ikan black bass ini tidak menyukai kondisi air yang jernih seperti air laut dan tidak juga keruh seperti air tawar.

4. Ikan black bass paling suka perairan dengan percampuran air laut dan air sungai, sehingga berwarna kecokelatan namun jernih.

5. Sebaiknya pastikan 2 atau 3 hari sebelum memancing didaerah tersebut tidak ada hujan.

6. Selain itu, usahakan tidak memancing pada saat air pasang tinggi atau terlalu surut. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi dan warna air.

Baca Juga : Teknik Casting Ikan Gabus.

Demikianlah tips cara memancing ikan black bass, dan umpan yang bisa digunakan untuk memancing ikan black bass atau ikan kakap hitam yang bisa saya bagikan. Semoga informasi seputar tips cara memancing ikan black bass, beserta dengan umpan mancing ikan black bass ini bisa menambah pengetahuan Anda semua ketika akan mencoba memancing ikan black bass. Semoga Berhasil dan Salam Mancing Mania.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment