AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Umpan Mancing Ikan Tombro/ Mahseer Di Sungai Paling Ampuh

Umpan Mancing Ikan Tombro

Pernahkah kalian mendengar nama ikan tombro atau ikan mahseer, ada juga yang menyebutnya ikan lepon. Dibeberapa daerah sebutan untuk ikan tombro atau ikan mahseer ini memang berbeda-beda. Namun sebutan atau nama umum untuk ikan ini adalah ikan semah. Ikan semah atau tombro merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Indo-Australia dan india.

Meski di setiap daerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda, misalnya ikan kancra (Sunda), ikan tombro(jawa), ikan sapan (kalimantan), ikan batak (toba), ikan mahseer atau kelah (Malaysia), ikan jurung (sumatra utara), ikan kerling (aceh), ikan pedih (gayo), ikan gariang (padang), ikan semah (palembang), ikan dewa (jawa barat), ikan torsoro (batak), ikan kancra bodas (kuningan), ikan tombro (jawa), ikan mahseer (internasional), dan masih banyak lagi sebutan dari nama ikan ini didaerah lainnya.

umpan mancing ikan mahseer, umpan mancing ikan remah,

Habitat Ikan Tombro atau Ikan Mahseer.
Habitat Ikan tombro atau mahseer ini berada di sekitaran aliran sungai-sungai yang beraliran deras, contohnya di dataran tinggi dengan kondisi air yang masih jernih. Namun yang sangat disayangkan, populasi ikan tombro saat ini sangat memprihatinkan, bahkan bisa dibilang hampir punah. Akibat penangkapan dari ikan tombro ini yang sangat berlebihan, hal ini mengakibatkan senhingga sudah sangat jarang sekali ditemukan ikan tombro di alam liar, biarpun ada ukurannya pun sangat kecil.

Ikan tombro yang masih kerabat ikan mas ini menjadi bahan pangan populer diberbagai negara, karena rasanya yang sangat enak dan gurih. Dengan panjang maksimal bisa mencapai ukuran 1 meter, namun saat ini ukuran yang banyak ditemui saat ini hanya sekitar 30 cm saja.

Untuk mengantisipasi punahnya ikan tombro, diberbagai tempat memberlakukan aturan zona larangan penangkapan. Contohnya di Padang Pariaman yang memberlakukan larangan penangkapan ikan tanpa seijin t\ketua adat setempat. Dipulau jawa ikan tombro atau mahseer bisa ditemukan di sekitar gunung ceremai di Kabupaten Kuningan. Dan untuk penangkapannyapun kini mulai dibatasi.

Baca : Umpan Putih Ikan Mas.

Cara Mancing Ikan Tombro atau Mahseer

Ikan tombro atau mahseer masih banyak ditemukan di alama liar seperti sungai dan danau. Dengan kondisi air yang masih jernih dan berarus deras namun terkadang di arus tenang. Yang artinya ikan mahseer hidup di dataran tinggi atau pegunungan.

Karena habitat ikan tombro ini berada di aliran sungai yang deras sebaiknya gunakan timah pemberat, agar umpan tidak bergeser dan terbawa arus. Selain itu disarankan menggunakan crane swipel untuk meminimalkan senar kusut karena derasnya arus aliran air. Selain itu, gunakan juga reel serta joran yang panjang, dengan tujuan dapat mencapai spot potensial yang kalian tuju.

Umpan Jitu Ikan Tombro atau Mahseer

Ikan tombro biasanya berdiam di pertemuan aliran air deras dengan air tenang. Selain itu ikan tombro juga suka sekali berada di pusaran air dan juga diantara bebatuan besar. Dengan kondisi habitat dengan arus deras, gunakan umpan dengan bahan dasar yang tidak gampang hancur terkena arus. Untuk memancing Ikan tombro sebenarnya tidak terlalu sulit, ikan ini termasuk omnivora atau pemakan segala.

umpan mancing ikan mahseer,

Umpan yang bisa dipakai untuk mancing ikan tombro ini cukup simple, yaitu berupa ulat, belalang, jagung dan umbi-umbian yang direbus dahulu. Namun menurut para pemancing ikan tombro, umpan berupa umbi-umbian dan jagung tergolong menjadi umpan paling Jitu. Meski ada juga pemancing yang memakai kulit kelapa sawit sebagai umpan. Namun jika memakai kulit kelapa sawit sebagai umpan sebelumnya di kukus terlebih dahulu, bisa juga di iris mentah-mentah dan langsung dikaitkan ke mata pancing.

Untuk penggunaan jagung kalian bisa merebus jagung terlebih dahulu, lalu ambil dagingnya dan kaitkan langsung kekail. Atau bisa juga daging jagung diparut sampai halus, kemudian digiling agar pulen dan tidak mudah hancur, lalu dibentuk bulat kecil-kecil seukuran kail.

Baca Juga : Umpan Mancing Ikan Gurame.

Karena umpan jagung sangat mudah sekali hancur jika terbawa arus. Periksa umpan secara rutin minimal 15 menit. Sedangkan 1 atau 2 jam untuk umpan berupa umbi-umbian dan kulit kelapa sawit. Agar ikan tombro lebih tertarik menyantap umpan, beri taburan umpan disekitarnya atau pemancing biasa menyebut dengan istilah bom umpan.

Sepertinya cukup sekian pembahasanl dari saya mengenai umpan mancing ikan tombro atau mahseer dan cara mancing ikan tombro atau mahseer serta cara memilih spot dari ikan tombro atau mahseer ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Salam Mancing Mania.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment