AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Umpan Jitu Ikan Betok Paling Ampuh yang Wajib Dicoba

Umpan Mancing Ikan Betok

Ikan betok merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitatnya berada di daerah yang berlumpur seperti sawah, rawa, danau maupun sungai. Di setiap daerah ikan betok mempunyai nama sebutan yang berbeda-beda, seperti ikan betik atau ikan betrik dan lain sebagainya. Ikan betik berenang menggunakan kedua siripnya. Ikan betik atau ikan betok ini mempunyai sisik yang tebal dengan duri dibagian punggung sebagai senjata utama untuk bertahan dari berbagai ikan predator, seperti ikan gabus.

Sedangkan untuk warna tubuh dari ikan betok pun sangat beragam, ada yang berwarna hijau tua kehitaman, hijau lumut atau hijau kekuningan, warna tersebut tergantung dari habitat ikan betok tersebut. Populasi ikan betok atau ikan betik ini sangatlah banyak, karena perkembangbiakan ikan ini sangat cepat. Ikan betok biasanya hidup air yang dangkal hingga kedalaman 2 meter. Namun ikan betok ini tidak menyukai perairan yang terlalu dalam.

umpan mancing ikan betok, umpan ikan betik,

Ikan Betok ini sangat menyukai perairan yang banyak ditumbuhi tumbuhan air sejenis enceng gondok. Karena disekitar enceng gondok akan banyak sekali hewan-hewan kecil berkerumun yang merupakan makanan utama ikan betok. Selain itu, tumbuhan air enceng gondok juga bisa berfungsi sebagai tempat berlindung dari ikan betok.

Cara memancing ikan betik ini sangatlah mudah, karena ikan ini termasuk kedalam jenis ikan omnivora. Artinya ikan betok ini bisa memakan apa saja, seperti daging dan juga lumut. Walaupun ikan betok gampang dipancing, namun kita tetap harus mempersiapkan peralatan dan umpan yang jitu agar hasilnya lebih maksimal.

Peralatan Mancing Ikan Betok

Sebelum mancing ikan betok, sebaiknya Anda persiapkan dahulu peralatan mancingnya, seperti: Joran tegek, Senar atau Kenur, Kail, Pelampung dan yang paling penting Umpan Jitu. Untuk joran gunakan yang berbahan lentur, agar saat strik nya bisa menjadi lebih mantap. Bisa juga gunakan joran bambu, namun di usahakan dibuat agar selentur mungkin.

Baca : Cara membuat Umpan Tiruan.

Umpan Ikan Betok Yang Paling Ampuh

Untuk mencari umpan ikan betok sangatlah mudah, karena memang jenis umpan ikan betok ini banyak ditemukan di sekitar kita. Umpan itu seperti Cacing Tanah, Jangkrik, Capung, Belalang, Ulat Pisang, Ulat Bambu, Kroto, Laron, Anak Tawon, dan masih banyak umpan ikan betok yang lainnya.

umpan jitu ikan betok, umpan jitu ikan betik,

Trik dan Cara Mancing Ikan Betok

kalau menurut pengalaman saya, umpan mancing ikan betok paling jitu adalah laron dan kroto. Karena sifat daging kroto dan laron yang lembut dan berwarna putih itulah yang mungkin lebih menggugah selera makan ikan betok untuk menyambar. Sebelum melempar umpan, sebaiknya terlebih dahulu gunakan pelet atau dedak agar ikan betok bisa berkumpul di satu titik. Cara memancing ikan betok ini tidaklah sulit, bahkan untuk pemula sekalipun. Setelah ikan betok berkumpul, barulah Anda lempar umpan ketitik tersebut.

Jika ikan betok ini masih keci-kecil, gunakan kail kecil saja ukurannya antara 0,5-2. Ukuran ikan betok babon bisa mencapai 25 cm, namun sudah sangat jarang sekali. Rata-rata ikan betok hanya berukuran satu telapak tangan saja.

Baca Juga : Umpan Buah untuk Ikan Bawal.

Penggunaan pelampung sangatlah disarankan unruk memancing ikan betok ini, karena akan lebih mudah mengetahui saat umpan disambar ikan betok. Usahakan umpan jangan sampai kedasar sungai atau rawa. Agar ikan lebih tertarik untuk memangsa, Anda bisa menggerak-gerakan umpan naik turun. Jadi seolah-olah umpan tersebut benar-benar hidup dan berenang.

Demikianlah tips umpan mancing ikan betok paling ampuh dan cara mancing ikan betok paling jitu. Semoga informasi tips umpan mancing ikan betok paling jitu ini bisa bermanfaat untuk Anda. Semoga Berhasil dan Salam Mancing Mania.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment