AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Cara Mancing Belut dan Memilih Spot Terbaik di Sawah

Cara Mancing Belut

Bagi Anda yang suka makan belut, tentu akan terasa nikmat jika Anda dapat menyantap belut hasil pancingan sendiri. Karena belut ini kaya kan protein seperti ikan lainnya. Selain itu, bagi Anda para pemancing, belum tentu Anda bisa memancing belut semudah Anda mancing ikan di kolam atau sungai. Karena cara mancing belut ini memiliki trik dan sensasi strik nya bila umpan kita dimakan belut. Nah, untuk kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya tentang cara mancing belut.

Yang namanya mancing itu sepertinya tidak mengenal kata bosan ya? Apalagi ketika kalian bisa strike belut ketika kalian mancing. Apalagi bagi kalian yang hobi mancing, rasanya tidak akan bisa lepas dari hal memancing. Memancing sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup mereka para pemancing mania. Meski terlalu banyak spot memancing yang bisa kalian datangi, misalnya di sungai, danau, rawa, laut, sawah atau  bendungan. Namun untuk saat ini saya akan membahas spot mancing disawah, khususnya untuk mancing belut sawah.

cara mancing belut,

Rasanya semua orang sudah tau tentang belut. Jenis ikan yang satu ini sudah sangat populer di indonesia dan banyak dicari, karena rasanya yang lezat dan enak. Dan saat ini budidaya belut sudah menjamur di indonesia. Meskipun harga belut terbilang cukup mahal dan hampir setara dengan daging kiloan. Namun permintaan akan daging belut tetap sangat tinggi. Di alam liar belut banyak ditemui di sawah, danau, sungai dan rawa. Namun belut paling banyak dan mudah ditemui di sawah, karena kondisi tanah yang subur merupakan habitat alami dari belut itu sendiri.

Dikalangan pemancing, memang kurang populer untuk mancing belut ini. Meski memancing belut ini sangat berbeda dengan memancing ikan pada umumnya. Karena kita harus mencari lubang belut dari satu tempat ke tempat lain. Namun sebenarnya, memancing belut ini bisa mempunyai kepuasan tersendiri. Memancing belut tidak memerlukan reel dan joran. Hanya bermodal senar dan kail saja kalian sudah bisa merasakan sensasi strike belut. Biarpun simple, tapi saya rasa Anda semua tidak akan kecewa akan sensasi strike nya ketika umpan kita dimakan belut.

Baca : Umpan Buatan Ikan Gabus.

Sebelum memancing belut, pastinya kita harus menyiapkan alat-alatnya. Senar untuk mancing belut harus dililit dahulu agar bisa dimasukan ke lubang belut. Caranya, ambil senar dengan panjang 1.5 meter, lalu lilit jadi satu dengan melipatnya dan taruh kail ditengah senar, kemudian lilit dan gulung atau di plintir. Setelah senar dililit sampai ujung, lalu ikat bagian ujung agar lilitan tidak copot. Setelah itu siapkan umpan berupa cacing, lebih baik lagi cacing merah dengan ukuran sedang.

Cara Mancing Belut di Sawah

1. Cari lubang atau sarang belut di pinggiran sawah. Lubang belut yang masih berisi belut biasanya mempunyai bentuk yang rapi dan mulus.

2. Pasang umpan cacing pada kail. Lalu masukan kail ke lubang belut dengan cara memutar mutar atau memlintir senar. Lalu tunggu sampai umpan disambar.

Baca : Jenis Umpan Buatan atau Lure.

3. Setelah umpan disambar, tahan senar. Tapi jangan langsung ditarik. Langsung menarik senar ketika umpan baru disambar bisa menyebabkan senar putus.

4. Tahan dan tarik perlahan senar sampai tenaga belut terkuras. Kemuadian tarik sampai belut tertarik keluar lubang, karena belut sangat licin, maka pakailah tang kecil untuk memegangnya.

Itulah cara mancing belut dan memilih spot terbaik di sawah yang bisa Anda praktekan dirumah. Semoga tips cara mancing belut dan memilih spot terbaik disawah tadi bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi Anda semua. Salam Mancing Belut Mania.
Related Posts
SHARE
Newer Oldest

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment